Serunya Menunggu Berbuka Puasa di Pusat Kota Bandung



Ini dia beberapa tempat seru untuk ngabuburit di pusat Kota Bandung. Mulai dari piknik di Alun-alun, beribadah di masjid raya, berburu kuliner di Jalan Cibadak dan menikmati malam di Jalan Sudirman.

Bulan Ramadan yang penuh berkah ini tentu identik dengan ngabuburit, yaitu kegiatan menanti azan maghrib untuk berbuka puasa. Banyak hal yang dapat kita lakukan seperti mengaji, memasak, ataupun berburu takjil ke pusat kota.





Bagi kamu yang tinggal atau mampir ke Kota Kembang ini, jangan lupa untuk mengunjungi Alun-Alun Kota Bandung. Semenjak direnovasi oleh Walikota Ridwan Kamil atau biasa dipanggil Kang Emil, tempat ini semakin ramai dikunjungi, baik hari biasa maupun menjelang libur panjang.

Lahan dengan luas 1.200 m2 ini ditutupi dengan rumput sintesis bernuansa hijau menyerupai lapangan bola. Di sampingnya berdiri megah Masjid Raya Bandung yang merupakan masjid provinsi bagi Jawa Barat. Biasanya warga Bandung menggelar tikar untuk piknik murah meriah di tempat ini.



Banyak sekali aktivitas yang dapat kita lakukan, seperti bermain bola, menerbangkan layangan hingga bermain petak umpet yang biasa dilakukan anak-anak. Menjelang waktu berbuka, banyak pedagang yang menawarkan takjil untuk berbuka sebelum memasuki masjid untuk menunaikan salat maghrib.



Setelah selesai beribadah, kita dapat berjalan kaki mencari kuliner menyusuri Jalan Cibadak. Jalan ini dipenuhi dengan deretan bangunan klasik Belanda dihiasi cahaya remang dari lampu bergaya khas Eropa. Kawasan ini juga terkenal dengan nuansa China Town karena kita bisa melihat banyak lampion warna-warni yang bergantungan menghiasi ruas jalan ini



Pada pagi hingga siang hari, hanya ada aktivitas bisnis yang berlalu lalang. Jalan ini terkenal dengan julukan 'serba ada'. Namun menjelang sore hingga malam hari, kawasan ini akan berubah menjadi deretan restoran dan pedagang kaki lima.



Banyak sekali restoran dan pedagang kaki lima yang tersebar menyajikan beragam makanan halal. Di sini juga kita akan menemukan berbagai jajanan khas Bandung, seperti mie kocok, baso tahu, hingga wedang ronde. Namun bagi umat Muslim, tetap selektif dalam memillih makanan karena ada menu non halal juga di area ini.



Tak jauh dari Jalan Cibadak, terdapat Jalan Sudirman yang juga terkenal dengan street food-nya. Tempat ini tidak hanya menyajikan kuliner yang lezat tapi juga banyak mural cantik yang bisa menjadi spot foto yang instagrammable. Menjelang libur panjang, biasanya terdapat live music dari band lokal untuk menemani makan malam pengunjung.

 

Jalan Sudirman adalah kawasan kuliner dengan konsep outdoor yang ramai pada malam hari. Banyak sekali gerobak yang berbaris rapih sepanjang jalan ini. Konsep yang ditawarkan pun unik, kita bisa duduk santai di kursi yang tersedia di bahu jalan ditutupi atap tipis yang memancarkan lampu warna-warni



Berwisata kuliner di Jalan Sudirman, menyuguhkan beragam kuliner yang menarik perhatian. Namun tidak semua halal, jadi traveler harus selalu memastikan dengan bertanya kepada pedagang apakah makanan tersebut mengandung halal atau tidak.



Menu halal yang disajikan cukup beragam seperti Bakmie, Lomie, Nasi Campur dan lain sebagainya. Jajanan khas juga tersedia, mulai dari sekoteng, martabak, jagung bakar dll. Harganya pun sangat terjangkau.



Itu dia beberapa tempat seru untuk ngabuburit di pusat kota Bandung. Ayo ajak teman dan keluargamu untuk menikmati Pesona Ramadhan 2018 dengan berpiknik ria di alun-alun kota bandung, beribadah di masjid raya, berburu kuliner di Jalan Cibadak dan menikmati suasana malam di Jalan Sudirman.

Komentar