Liburan ke Labuan Bajo Abis Belasan Juta?

Kemarin sempet heboh kan tentang Kabar kalau kalau Wisatawan yang mau pergi ke Labuan Bajo itu minimal bayar 14 juta rupiah untuk tiket masuk nya saja. Hmm semoga gk beneran terjadi ya, kasian nanti kunjungan wisata kesana berkurang dan berimbas pada penurunan pendapatan daerah juga kan

Oww ia, aku mau cerita keseruan liburan ku kemarin di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Perjalanan kumulai dari Bali karena harga tiket normal (tanpa promo) biasanya lebih murah kalau kita transit di Bali terlebih dahulu, apalagi kalau terbangnya weekday. Untuk tiket pesawat /air Asia sekitar 850ribu PP dari Bali. Ehh taunya malah dapet 3 seat sekaligus haha.. Kalau dari kota lain ke Bali, cek sendiri yak..

Sebelum landing aja aku udah dibikin merinding, takjub dan akhirnya nangis juga ngeliat view sunset dari pesawat. Bagusss bangettt....Berhubung sailing trip diadakan Weekend Jumat-Minggu 3H2M di atas laut, aku sengaja datang H-1 dan pulang H+1untuk mengeksplor kota Labuan Bajo. Ternyata disini biaya hidup nya cukup tinggi tapi ngak usah khawatir karena Hostel nya cenderung murah, apalagi untuk Backpacker

Hostel Pertamaku yaitu Sunset Bajo Hostel, letaknya dekat sekali dengan pelabuhan dan berada di sisi dermaga. Dari hostel ini kita bisa melihat indahnya pulau-pulau kecil yang dihiasi oleh ratusan kapal nelayan yang sedang berlabuh, apalagi waktu sunset tiba beuh indahnya dua..

Harganya Murah banget lagi, cuma 90 ribu aja kita dapet breakfast, dormitory bed, towel, soap/shampoo + ada kolam renangnya juga loh. Asik banget kan. Jarak dari bandara pun ngak begitu jauh, hanya sekitar 10 menit saja naik ojek lokal dengan biaya 30 ribu. Kalau naik mobil mungkin 50 ribu, pinter nawar-nawar aja ya

Malamnya aku menikmati suasana kampung ujung, jaraknya ngak terlalu jauh dari hostel hanya berjalan sektiar 5 menit aja. Disini banyak banget yg jualan seafood segar dengan harga yang ya bisa dibilang cukup terjangkau lah. Jangan lupa nawar ya, orang lokal juga suka dikasih harga turis..psstt..

Usai menyantap sarapan, aku dijemput oleh Driver menuju Pelabuhan. Waktu udah di dermaga, Super Excited bangetttt akhirnya impianku terwujud juga. Setelah menaruh barang, semua peserta open trip (jumlah kita sekitar 12 orang) di briefing tentang aturan keselamatan selama berlayar, aturan yang paling penting yaitu Jangan Lupa Bahagia & Selfie yang banyak :)

Oww ia aku pesan trip saliling labuan bajo via aplikasi @pigijo_ . Untuk paket trip sailing weekend hanya merogoh kocek 2.5 juta aja. Fasilitas yang aku dapatkan banyak banget, mulai dari Makan 3x sehari, Snack & Air sepuasnya, Kamar Shared AC, Toilet Bersih, Dokumentasi dan Sundeck yang dilengkapi Lazy Chair buat leyeh-leyeh..

Pemandangan selepas dari dermaga saja sudah membuatku takjub, gugusan pulau-pulau kecil tak berpenghuni yang berjajar rapih diatas laut dalam yg mempesona. Tujuan pertama kami yaitu Pulau Kelor. Kalau ngeliat foto promosi Labuan bajo, pasti view dari atas pulau ini yang selalu ditonjolkan.

Beuhhh Indahnya luar biasa, tapi Beuhh Panasnya juga Jahannam banget. Mau pose kece aja susah bener, bukan cuma gerah aja sih. Pengunjung yang dateng weekend juga banyaknya bukan main. Jadi harus sabar nunggu orang lewat yak..

Setelah menikmati Lunch di atas kapal, walau goyang-goyang dikit. Ngak dikit deng, banyak juga haha. Akhirnya kita sampai di Pulau Rinca tempat habitat asli Komodo berada. Kita disambut sama Guide Lokal pakai seragam resmi sambil bawa tongkat panjang yang ujungnya bentuk Y. Katanya sih buat menghalau Komodo kalau PDKT sama kita..

Agak susah memang mencari komodo di pulau ini, jumlahnya ngak terlalu banyak dan Komodo disekitar area wisata cenderung jinak. Syukurlah, karena kalau mereka Banyak dan Ganas bahaya juga kan. Harus jaga jarak, hati-hati banget dan jangan sembrono kalau ngak mau digigit Komodo. Bisa-bisa tubuh diamputasi karena racunnnya yang mematikan.. hiiii

Lanjuutttt berlayar lagi menuju Pulau Kalong sambil menikmati Afternoon Tea dengan Pisang Goreng Keju dan aneka minuman hangat. Di pulau ini kita semua bersantai di Sundeck sambil duduk manja di lazy chair yang terbuat dari pasir sambil nunggu para Kalong alias kelelawar keluar dari sarangnya mencari makan di pulau lain.

Jeng Jeng Jeng.. ini Momen terepik sih selama di Labuan Bajo. Ribuan kelelawar keluar bersamaan, terbang melintasi di atas kepala kita dengan view laut lepas bermandikan cahaya sunset emas.. Waduhhh jadi pengen nangis lagi kan saking indahnya. Untungnya mereka ngak ada yg poop ya di udara..

Abis melihat pemandangan yang super satisfying, kita disuguhi Makan Malam diatas kapal lagi. Ya kali di atas sekoci. Ini kokinya pinter banget, makanan kita semua nya enak-enak parah. Duduk bareng di resto mungil sambil kenalan dan tukar cerita sesama peserta, duh nikmatnyaa..

Keesokan paginya, kita sudah sampai di Pulau Padar saat Sunrise. Jam 5 subuh udah dibangunin buat persiapan trekking ke atas bukitnya yang punya view juara. Lumayan capek sih, tapi pas sampai puncak beuhhh itu yang namanya air mata ngucur deras saking indahnya view dari atas.

Bentuk Pulau Padar yg keindahannya sudah tersohor ke mancanegara emang ngak main-main bagusnya. Dikelilingi banyak pulau kecil nan indah diatas lautan biru yang tenang. Dijamin bakalan selfie terus-terusan deh. Cuman banyak orang lewat juga, jadi harus extra sabar disini

Puas berselfie ria di Pulau Padar, kita lanjut ke Pink Beach Komodo. Itu yah, yang namanya air.. Bening Bangetttt.. berpadu sama pasir warna pink dengan view perbukitan coklat dan lepas pantai nya ada kapal-kapal pinisi yang bersender cantik. Ow ia harus naikin saturasi dlu ya klo mau keliatan pink banget hehe

Pokoknya betah banget lah di Pink Beach ini, kita snorkling, berenang, main drone ala-ala india ahh seru banget walaupun cuaca nya lagi terik. Bodo amat yang penting happy kan hehe.. jangan lupa pake sunblock yang spf nya minimal 50. Soalnya dimana-mana panas bangetttt...

Tema hari kedua ini memang full snorkling, biar ngak usah ribet gonta-ganti baju kata guide nya. Lanjut ke Taka Makassar yang Airnya jauh lebih bening. Jalan kaki sekitar pantainya aja berasa nginjekin kristal lohh dan banyak banget terumbu karang cantik dan bintang laut disini.. Ehh ia cuaca disini panasnya bukan main, gk ada teduhan sama sekali soalnya..

Lanjoooott Snorkling lagi di Manta Point, sesama guide antar kapal saling menginformasikan posisi Manta yang lagi berenang. Syukurlah aku beruntung walau hanya bisa mnelihat dari jauh, soalnya dia nyelem nya lumayan dalem sekitar 5 meter. Lah aku berenang aja kaga bisa, jadi liat dari jauh ajalahhhh...

Turtle Point nya juga ngak kalah cantik, banyak terumbu karang yang lebih cantik lagi. Kalau beruntung kita bisa lihat Kura-Kura berukuran besar yang lagi berenang diantara karang. Fotografer kita handal banget, udah ngak pake life jacket ehh dia bisa nyelem juga demi ngambil gambar yang keren.

Selesai snorkling waktu ngaca koq aku gosong banget yak, yaudahlah namanya juga lagi liburan kan. Kalau ngak item belom liburan katanya hehe. Lagi-lagi kita dikasih makan enak dengan Dinner spesial pakai Seafood.. Nom Nom.. enak banget lah pokoknya sampe kekenyangan dan langsung tidur karena ngantuk banget..

Sebisa mungkin coba bangun deh jam 4 subuh, bulan purnama lagi terang-terangnya dan gugusan bintang di angkasa kelihatan jelas banget. Mau diabadikan, tapi aku cuma pake kamera hape. Pokoknya bagus lah, langitnya bener-bener cerah tanpa awan sambil nunggu waktu subuh juga kan..

Pagi nya setelah sarapan kita sudah berlabuh di Pulau Kenawa, ini terkenalnya karena ada Jembatan lucu dan kita bisa snorkling sepuasnya disini. Terumbu Karang ngak terlalu banyak, tapi Ikannya itu bermacam spesies dan jumlahnya ngak main-main banyaknya..

Di Jembatannaya banyak juga yang selfie dan main drone. Abisnya view di sekeliling pulau ini memang bagus banget sih, ada ayunan juga buat foto ala-ala lagi pura-pura bahagia. Eh ngapain pura-pura, emang beneran bahagia ko bisa liburan ke Labuan Bajo, apalagi Gratis dari @pigijo_ hihi..

Makan terakhir kami saat Lunch sembari Kapal menuju dermaga. Pokoknya pengalaman sailing trip selama 3 hari 2 malem ini sangat berkesan dan ngak akan terlupakan. Banyak canda tawa, seru-seruan pokoknya kita semua hepi-hepi aja selama open trip.

Saat kapal berlabuh, waktunya mencari Hostel buat nginep semalam lagi. Aku memilih Ciao Hostel yang berada di atas bukit karena viewnya itu juara banget. Dikirain bakal susah kemana-mana ternyata ada free shuttle untuk antar jemput ke kota dan bandara. Asik ada yg nganterin ni besok..

Menjelang Sunset aku naik ke Lantai 3 untuk menikmati view dermaga Labuan Bajo dari ketinggian. Duhh pengen nangis lagi saking indahnya, aku sempatkan untuk video call dengan keluarga di rumah untuk mengobati rasa kangen.. ehh malah tambah nangiss huhu.. aku emang cengengan sih orangnya. Klo liat yg indah dikit bawaannya terharu terus..

Kamarnya sharing seperti biasa, ruangannya bersih, toilet banyak dan ada film bioskop layar tancap juga malamnya di lobby. Setelah beristirahat aku mencoba free shuttle ke kota untuk mencari makanan murah, ehh taunya malah sekalian hunting baju dan sepatu juga karena di sepanjang Jalan Soekarno, banyak yang jualan brand fashion ternama sisa expor dll.. inget harus pinter nawar lagi ya..

Esok paginya aku bergegas menuju bandara Komodo untuk terbang kembali ke Bali. Agak susah mencari makan murah hanya untuk sarapan karena daerah sekitar bandara cukup gersang dan harga makanan di kantin karyawan pun masih cenderung mahal sekali.

Waktu check in tiba, aku bergegas masuk ke dalam ruang boarding. Bandara Komodo ngak terlalu besar, kita bisa lihat ujung ke ujung. Rencananya bandara komodo akan dibuat skala internasional supaya lebih banyak turis yang datang. Iya sih, yang aku perhatikan memang wisatawan disini 90% lokal semua. Pada tajir-tajir juga ya orang Indonesia, buat pesawat dan sailing aja minimal banget keluar 5 juta.

Pesawatku sudah mendarat dan aku duduk manis dipinggir jendela sambil melihat gugusan pulau Komodo yang indahnya luar biasa saat take off meninggalkan sejuta kenangan indah selama 5 hari di Labuan Bajo. Percayalah, aku ingin segera kembali kesana karena Labuan Bajo itu ngangenin banget..

Dont forget to follow Instagram @abdillahhw